LAPTOP OVER HEAD

LAPTOP OVER HEAD

 Kali ini saya akan membahas kenapa laptop sering panas,...dan dalam 1 jam lebih si laptop akan shootdownd alias mati..Memang aga sepele tapi kita tidak menyadari betapah pentingnya kipas pendingin yang berada didalm untuk laptop anda,...kai ini saya akan menerangkan bagaimana cara membongkar laptop dengan cara sederhana hanya mengandalkan obeng dan keberanian kita::,...yang pertama kita harus siapkan antara lain adalah :,.....

1. Siapkan obeng kecil, untuk membuka baut yang ada. yang kayak gini
maaf, lupa harganya waktu beli :p

2. Buka batere laptop 
3. Buka semua baut yang ada dibagian bawah  laptop
4. Jangan lupa, susun baut sesuai tempat yang buka, supaya nanti gak kebingungan, sebagai petunjuk lokasi dan jumlahnya sama seperti semula
5. Buka kartu memori, dengan menekan penahan dikiri kanan memori kearah luar
6. Buka baut yang ada di hardisk
7. Ambil hardisk, dengan menariknya ke bawah dengan hati-hati
8. Buka penutup wireless lan
9. Tarik modul wireless lan dengan menarik keatas pelan-pelan, lepaskan kabel hitam putih/antena WIFI (INGAT lokasi kabelnya ya, mana yang hitam dan mana yang putih)
10. Lepas DVD Drive
11. Rebahkan LCD, buka penutup tombol power dengan menarik perlahan bagian yang renggang di kanan kiri penutup.
12. Angkat perlahan kabel VGA dengan menggerakkan ke atas agar soket tidak rusak. lepaskan juga socket untuk power MB dengan menaikan bagian hitamnya ke atas.
13. Lepaskan baut speaker, dan angkat socketnya hati-hati
14. Angkat keyboard dengan hati-hati melepaskan dari pengaitnya, lepaskan socket keyboard dengan bagian hitamnya ditarik keatas, juga socket touchpad
15. Amankan LCD 
  
16. Intip motherboardnya, apakah sudah bisa diangkat atau belum. pastikan tidak ada baut yang menempel pada casing
17. Inilah bentuk motherboardnya
 
18. Lihat di bagian fan-nya, penuh dengan debu hitam. 
 
Bagian yang berbentuk seperti kisi-kisi, yang mengalirkan udara panas keluar, penuh dengan debu. Pantas saja kalau processornya tidak bisa bekerja dengan baik. Bersihkan fan dan saluran udaranya dengan cairan pembersih, tissue atau dengan vacuum kecil. Untuk pemakaian greaser, silahkan lihat kesini . Saya tidak menggunakan greaser, karena belum beli dan sangat tidak pede membuka baut penahan processor (susah bener bukanya :p ).
Ok, fan dan saluran udara bersih.
Masalah selesai?
Belum saudara-saudara, mengembalikan semuanya yang juga penting. 
19. Nah, lakukan secara terbalik, dari step-step diatas. ^_^.
Bongkarnya mudah, Alhamdulillah saya beruntung bisa memasang laptop saya utuh kembali. 
Whaa keren dong. 
Nggak juga. 
Pertama kali setelah terakit, tiga kali saya hidupkan tombol powernya, tidak berhasil juga. Sempat panik, apa yang terjadi? Panik, karena saya sempat mematahkan ujung penahan socket motherboard hehehe jangan-jangan saya merusak kabel2 berbentuk pita karena terlalu keras menariknya. atau jangan-jangan salah menaruh kabel? 
Saya coba lihat satu-satu lagi, dan mengulang mengencangkan kartu memori. Wah, ternyata disitu masalahnya, kartu memori belum terpasang sempurna. Sekali lagi tekan tombol power, Alhamdulillah.. laptop berfungsi baik. Untuk uji coba, saya hidupkan sekitar 9 jam setelah itu, sambil merapikan isi harddisk. Laptop tidak panas lagi, dan suara fan-nya, nyaris tak terdengar (ya iyalah, tipe laptop ini, fan hanya hidup kalau mencapai panas tertentu).

Posting Komentar

Most View Product

Untuk Pemesanan Luar Daerah Bisa Menghubungi : 081212568001
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LAPTOP OVER HEAD ( PANAS ) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by free templates blogger
Proudly powered by Blogger